Selamaat Datang Di Alhsa Travel Umroh

Sentuh Nomor Untuk Langsung Hubungi Kami

0857 2012 7221

0822 1178 5411

0857 7115 4050


Selamat Datang Di Alsha Travel Umroh Paket Umroh & Haji Plus Alshatours Fasilitas Hotel Bintang 3 & Bintang 5 Berkualitas Terbaik Alshatour Untuk Anda Melayani Tamu Allah Sepenuh Hati

Perbedaan Ibadah Haji & Umroh Disini Lengkap !

Perbedaan Ibadah Haji & Umroh Disini Lengkap !

Perbedaan Haji Dan Umroh


Pengertian dan Definisi Umroh


Perbedaan Haji Dan Umroh - Umroh ialah sebuah bentuk 'ibadah yang umroh itu berupa ziarah (berkunjung) ke tempat tanah suci yaitu Mekah Almukaramah, yang didalamnya ibadah umroh itu tersebut terdapat tatacara tata cara yang harus dipenuhi dipatuhi dan dilaksanakan, agar nantinya supaya ibadah umroh yang dlaksanakan dilakukan itu benar dan sah. Karena tata cara umbroh itu sendiri adalah merupakan bagian dari haji, maka umroh disebut juga dengan hajjul asghar atau disebut dengan haji kecil. Salah satu contoh perbedaan antara haji dan umroh ibadah adalah adanya wuquf di Padang 'Arafah sebagai salah satu rukun haji (yang tidak termasuk ke dalam rukun umrah) seperti itu.

Pembahasan Perbedaan Haji & Umroh Ringkas


Perbedaan Haji Dan Umroh - Ibadah haji dan umroh adalah salah satu dari bentuk ibadah ummat Islam yang dilaksanakannya pergi mengunjungi di tanah suci Mekkah. Kedua ibadah berikut ini yakni haji dengan umroh terkadang masih ada orang yang belum paham dan mengetahui perbedaannya. Disini kami akan mencoba kepada pembaca yang budiman untuk memberika sedikit gambaran penjelasan tentang perbedaan antara kedua ibadah ini haji dan umroh.

Haji dan umroh adalah merupakan dua ibadah bagi ummat muslim agama Islam yang keduanya ibadah ini dilakukan di kota Mekkah sana. Meskipun barangkalli sudah terdengar sangat familiar khususnya di kalangan kaum muslimin muslimat, mungkin ada beberapa orang dari mereka masih bingung untuk menjelaskan apa perbedaan haji dan umroh secara mendasar garis besar. Keduanya ibadah tentu memiliki perbedaan karena memang itu adalah dua ibadah yang berbeda hanya saja persamaannya itu dilaksanakan sama sama ditanah suci dan kduanya memiliki kemiripan dalam kaifiyatnya tatacaranya. Agar pengetahuan kita smakin bertambah, mari kita tidak ada salahnya untuk membahas perbedaan yang mendasar mengenai ibadah haji dan umroh ini.

Perbedaan Haji dan Umrah


Perbedaaan haji dan umrah memang ada orang yang masih belum mengetahui, untuk itu mari kita bahas bersama mengenai perbedaannya :

1. Berbeda Waktunya


Perbedaan pertama yang mendasar pada ibada haji dan umroh adalah waktu pelaksanaannya. Secara umum waktu pelaksanaan ibadah umroh dapat dilakukan kapan saja. Sedangkan ibadah haji ini ada waktu tertentu untuk melaksanakannya tidak bisa kapan saja. Hajji diluar waktu itu tidak boleh melakukannya ibadah haji. Dengan lain kata, dalam sesatu tahun umat muslimin bisa melaksanakan ibadah umroh kapanpun waktunya bisa lebih dari satu kali. Sedangkan ibadah haji hanya bisa dilakukan satu kali dalam satu tahun saja.

Ibadah haji hanya yah boleh dilakukan pada bulan Dzulhijjah yang biasa juga kita disebut dengan bulan haji. Pelaksanaannya itu adalah yaitu pada tanggal 9 hingga 13 Dzulhijjahh. Selain daritanggal itu, ibadah haji tidak sah dilakukan walaupun sudah dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ada berlaku. Sedangkan untuk ibadah umroh itu umat muslim Islam bisa menjalankannya setiap saat kapanpun itu. Tapi ada waktu makruh untuk melukan melakukan ibadah umroh yaitu pad tanggal 9 hingga dengan 13 Dzulhijjah. Karena pada tanggal itu adaalh harri Arafah, hari Nahar, dan 3 hari Tasyrikk.


2. Berbeda Hukumnya


Perbedaan yang kedua ibadah umroh ini hukumnya sunnah hukumnya. Dengan lain kata umat muslim inidapat dilaksanakan ibadah umroh jika memang mampu dari segi baik mampu biaya dan juga fisik tenaga menjalakan umroh. Jika tidak mampu untuk umroh melaksanakannya, tidaklah mendapatkan dosa.

Berbeda halnya sedangkan ibadah haji itu wajib hukumnya, rukun Islam ke 5 wajib bagi mereka yang mampu dilakukan dalam satu kali seumur hidup bagi mereka yang mampu dari segi biaya dan tenaga ke Makah sana. Kata mampu ini banyak makna artinya. Mulai dari mampu dari segi biaya uang, mampu dari segi fisik kesehatan serta mampu dari segi kesehatan fikiran tidak stres atau gila. Jikalaupun mampu utk berangkat ke Tanah Suci, tapi keluarga dirumah yang ditinggalkan tidak memiliki harta benda apapun untuk dimakan maka mereka tidak diperbolehkan untuk berangkat. Haji ini memang wajib hokumnya satu kali seumur hidup. Tapi jika keluarga dirumah yang ditinggalkan malah mendapat sengsaraan, seseorang itu dilarang baginyauntuk berangkat ke Tanah Suci.

Sudah kita ketahui bersaman bahwa ibadah haji dan umroh memang bukanlah ibadah ringan dengan biaya yang ringan dan perjalanan yang dekat. Oleh sebab itu Allah SWT tidak membebankan umat manusiabagi mereka yang kurang mampu. Umat muslim diseulurh dunia yang kurang mampu untuk melaksanakan ibadah haji.

3. Berbeda Tata Caranya


Perbedaan haji dan umroh yang ketiga adalah urutannya tata cara pelaksanaannya. Ibadah haji ini tata caranya lebih banyak yah jumlahnya dibandingkan dengan ibadah umbroh. Kita katakan bahwaIbadah haji adalah semua tatacara ibadah umrboh yang ditambah dengan beberapa tata cara lainnya. Jika dalam umroh itu rukunnya terdapat niat ihram, thawaf, sa’i serta ditutup dengan tahalul memotong rambut atau disebut dengan tahalul. Sedangkan ibadah haji adalah seluruh rukun umroh ditambah dengan wuquf di Arafah, menginap bermalam (mabit) di Muzdalifah dan Mina, serta melempar jumrah.

Dengan begini kata lain umat muslim yang telah melaksanakan ibadah hajji sudah pernah langsung melakukan praktek umroh, sedangkan mereka yang melakukan melangsungkan ibadah umroh belum melaksanakan praktek haji. Oleh karena itu rukun yang sama, ibadah umroh disebut juga dengan haji kecil hijuul asghar dalam bahasa Arabnya.

Perbedaan Ibadah Haji & Umroh Disini Lengkap !

Itulah tiga perbedaan mendasar megenai tentang ibadah haji dan umroh. Dari ulasan singkat di atas semoga diharapkan pembaca dapat diketahui ternyata kedua ibadah ini saling berkaitan. Dengan kata lain ibadah umroh ini sudah termasuk juga bagian dari ibadah haji. Oleh sebabnya itu ada tata cara yang membedakan kedua pelaksanaan ibadah ini, ada juga yang melakukan kedua ibadah ini didalam satu ibadah. Perbedaan pelaksaannya kedua ibadah ini dibedakan menjadi tiga istilah haji, haji Qiran, Ifrad dan Tamattu’.

Pembahasannya nanti akan kita lanjutkan disesi berikutnya.